Langsung ke konten utama

Wajib Tahu! Inilah 5 Mesin Mobil yang Sering Dipakai Balapan

 

Hai sobat blog...

Untuk menghasilkan tenaga yang besar serta torsi yang meningkat pada mobil, biasanya mekanik atau tuner mulai melakukan perubahan mesin atau engine swap. Pada dunia balap, engine swap memang menjadi pekerjaan yang pasti dilakukan.

Tujuannya untuk memberikan tenaga yang maksimal serta memudahkan dalam mengoprek mesin agar bisa dituning dan menghasilkan komposisi yang sempurna.

Dalam dunia balap sendiri, khususnya di Indonesia, beberapa mesin sudah menjadi pilihan para tuner. Setidaknya, ada lima mesin yang sering digunakan oleh tuner dalam memaksimalkan kinerja di ruang pembakaran.

Pemilihan tersebut juga dikarenakan selain gampang dioprek, untuk ketersediaan suku cadangnya juga masih sangat melimpah. Kelima mesin tersebut antara lain adalah Toyota 2JZ-GTE, Nissan RB26DETT, Mitsubishi 4G63T, Honda B16B dan Toyota 4AGE.

5 Mesin Mobil yang Sering Dipakai Balapan

1. Toyota 2JZ-GTE

Mesin 2JZ-GTE adalah varian 2JZ yang memiliki tenaga paling besar dan menjadi favorit banyak orang di antara varian 2JZ lainnya. 2JZ-GTE dibuat untuk melawan RB26DETT yang sukses besar sejak awal perilisannya.

Terdapat "Gentleman's Agreement" sehingga Toyota mengklaim bahwa 2JZ-GTE hanya menghasilkan 280HP, padahal sejatinya mesin tersebut mampu menghasilkan 320HP.

2JZ-GTE dapat menghasilkan torsi sebesar 427 Nm. Akselerasinya pun sangat mengagumkan 0-100 km/h dapat dicapai di bawah 5 detik hanya dengan kondisi mesin stock pabrikan.

Mesin 2JZ-GTE juga memiliki versi export yang mana memiliki tenaga lebih besar dari versi Jepang. Hal tersebut dikarenakan turbocharger baru yang terbuat dari stainless steel, camshaft baru serta injector yang lebih besar. Sedangkan pada versi Jepang turbochargernya berbahan keramik. Dan debit Injectornya pun lebih sedikit yakni 450cc/menit dibanding versi export yang debit injectornya 550cc/menit.

Twin-Turbo 2JZ-GTE bekerja secara sequential yang artinya turbo tekanan rendah akan bekerja di putaran bawah. Sedangkan saat putaran tinggi maka akan memakai boost yang lebih tinggi.

Pada dasarnya, 2JZ-GTE menggunakan 2JZ-GE sebagai basis. Engine block, connecting rod dan crankshaft nya sama. Hanya saja yang membedakannya adalah pada penggunaan sequential twin turbochargers dan air-to-air side-mounted intercoolernya.

2. Nissan RB26DETT

Inilah salah satu mesin paling terkenal di keluarga RB, karena terpasang pada mobil dengan emblem paling ikonik dari Nissan, Skyline GT-R. RB26 yang hanya tersedia pada versi twin turbo ini, mampu menghasilkan tenaga serta torsi terbesar dari mesin RB sebelumnya, dengan tenaga maksimum (yang tercatat) sekitar 276hp@6800rpm dan torsi 392nm4400rpm.

Kelebihan utama dari mesin ganas ini selain kekuatannya, adalah kemudahan dalam menambah tenaganya. Hanya dengan melakukan “sedikit” modifikasi, angka 600hp bukanlah hal yang sulit

Bukti lain kegilaan mesin RB26DETT adalah kekuatannya. Sama seperti 2JZ, dengan melakukan modifikasi ekstrem di jeroan mesin serta memasang konversi menjadi turbocharger tunggal, angka 1000hp seperti yang terpasang di mobil drag HKS R33 menjadi bukti konkret kehebatan mesin ini, top!

3. Mitsubishi 4G63T

Mesin 4G63T merupakan salah satu mesin yang menjadi incaran car enthusiast dan termasuk mesin yang legendaris. Mesin 4G63T identik dengan lini andalan Mitsubishi dalam kategori sports car yakni Lancer Evolution. Wajar saja, mesin 4G63T telah menjadi jantung pacu mulai dari Lancer Evolution I - IX.

Pada Lancer Evolution I mesin 4G63T mampu menghasilkan 247 HP. Mesin tersebut terbukti kuat dan sangat cocok dengan Lancer Evolution.

Saking tangguh dan bagusnya mesin ini dari tahun 1992-2007 Mesin 4G63T basenya tetap sama hanya dibutuhkan beberapa penyesuaian saja. Teknologi MIVEC andalan Mitsubishi pun baru digunakan pada mesin 4G63T Lancer Evolution IX.

4. Honda B16B

Mesin B16 merupakan mesin pertama yang diproduksi Honda untuk seri B-nya dan sudah dilengkapi teknologi VTEC. Salah satu yang paling spesial adalah mesin B16B dimana mesin ini memiliki dudukan yang cocok dengan Honda Civic tahun 90-an.

Hal ini membuat mesin B16B sering menjadi bahan swap engine untuk mobil Honda Civic Estilo atau Genio. Hasilnya, mobil tersebut kerap menjadi jawara dalam ajang balap Drag Race.

5. Toyota 4AGE

Mesin Toyota 4A-GE adalah mesin dari hasil pengembangan bersama Yamaha Motor Corporation. Yamaha sendiri beranggung jawab sebagai developer cylinder head. 4A-GE diproduksi dari Mei 1983 sampai tahun 1991  untuk versi 16 Valve dan terakhir tahun 1998 untuk versi 20 Valve.

Dari awal research and development, mesin Toyota 4A-GE ditujukan sebagai mesin kompak dengan Performa Tinggi yang hanya bermodalkan kubikasi 1.6 L dan banyak ditemui pada generasi sedan Toyota Corolla, Toyota Levin/Trueno dan juga Toyota Sprinter.

Meski demikian, mesin 4A-GE dan 4A-GZE masih sering muncul di ajang balapan, paling gila tentu 4A-GE spek Formula Atlantic yang tenaganya dipentokin hingga 240 dk!

Nah, itulah deretan mesin mobil yang sering dipakai dalam ajang balapan. Kamu suka yang mana nih?

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi Mobil Baru Honda ZR-V

Spesifikasi Honda ZR-V 2022 - Beberapa waktu yang lalu, Honda Indonesia sudah menebar teaser tentang kehadiran SUV compact terbaru. Meskipun awalnya dianggap hanya konsep, nyatanya model ini akan diproduksi secara global. Dalam ulasan AutoFun Indonesia, model ini diklaim akan menjadi calon lawan dari Totoya Raize, Daihatsu Rocky, hingga KIA Sonet. Dilaporkan bahwa Pt Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan mobil baru dan beberapa rumor mengatakan bahwa kendaraan baru adalah Honda ZR-V berdasarkan SUV RS konsep. PT HPM sejauh ini belum mengungkapkan model mana yang akan diluncurkan nanti. Namun, editor tempo memperkirakan bahwa mobil baru adalah versi Honda ZR-V SUV dari RS konsep yang dipamerkan di GIIAS 2021. Jika Anda melihat gambar yang difilter yang bersirkulasi, layar ZR-V sangat mirip dengan konsep Honda RS. Itu dapat dilihat dari Load Akun Instagram, @hondaprojason. Dalam publikasi itu, terlihat bahwa ZR-V datang dengan lampu sipit dan bumper mirip dengan konsep mobil RS

Spesifikasi Mobil Tesla, Mobil Listrik Masa Kini

Hai… hai… hai…… mana ini para pecinta otomotif? Kalian pasti sudah tahu dong di Indonesia kini tersedia mobil listrik. Saat ini mobil listrik sudah mampu mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Disamping tidak perlu menggunakan bahan bakar, desain mobil ini juga tidak kalah keren dari mobil yang menggunakan bahan bakar. Penggunaan mobil ini juga sangat berdampak kepada lingkungan sekitar. Polusi udara juga akan berkurang, suaranya yang halus pun tidak akan membuat polusi suara. Salah satu mobil listrik yang saat ini banyak digandrungi pecinta otomotif tanah air adalah mobil listrik Tesla. Pada tahun 2004, Elon Mask membangun merk mobil listrik yang satu ini. Jika dilihat dari segi harga, mobil listrik memang lebih mahal dibanding mobil berbahan bakar minyak lainnya. Oleh karena itu, terkadang kepemilikan mobil canggih ini menunjukkan status sosial seseorang. Penasaran dengan model serta spesifikasi mobil keren ini? Yuk disimak artikel berikut. Model dan Spesifikasi Mobil Tesla Di Indon